Sabtu, 01 Mei 2010

GUNUNG KELUD



Gunung Kelud merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 1791 mdpl terletak di daerah kab. Kediri Jawa Timur. Pada mulanya Kawah gunung kelud berupa danau kawah berwarna hajau. Pada akhir tahun 2007 terjadi beberapa kali letusan kecil, kemudian terjadi Letusan efusif mengakibatkan perubahan karakter lain, yakni muncul kubah lava berupa material padat berbentuk pasir dan batuan berwarna hitam, menggantikan danau kawah berwarna hijau. Kubah lava itu terus mengeluarkan asap belerang dan menimbulkan hawa panas di sekitarnya. Kubah lava itu kali pertama terdeteksi pada 4 November 2007. Awalnya hanya berupa noktah hitam di tengah danau kawah disertai kepulan asap putih yang tebal. Lalu, dari hari ke hari, noktah hitam tersebut semakin besar dan akhirnya membentuk kubah lava memenuhi danau dan danau itu sekarang sudah tidak tampak lagi.

pertumbuhan kubah lava berhenti pada ketinggian 250 meter dengan diameter 400 meter. Sebelumnya masih ada pergerakan ke atas (meninggi) dan ke samping (melebar).

untuk mencapai gunung Kelud tidaklah sulit.
Gunung Kaelud Dapat dicapai lewat Kediri maupun Blitar
. Sebelum sampai ke kubah lava, ada terowongan yang dibangun jaman panjajahan belanda. Yang konon gunanya untuk mengalirkan air danau kawah jika meluap penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar