Senin, 25 November 2013

NAIK ANAK KRAKATAU -- P. SEBESI

6 April 2013

Rombongan WISATA BAHARI INDONESIA mengadakan tour bahari ke krakatau. Sebenarnya acara utamanya wisata bahari sekitar gn Krakatau. Saya sebenarnya kurang begitu  tertarik dengan wisata bahari , karena masa kecil saya sering ke laut, kebetulan ortu tinggal lama di Pekalongan. tetapi karena ada acara naik ke anak gunung Krakatau... wooou aku jadi tertarik ikut.
Kami kumpul di pelabuhan Merak jam 24:00
Saya naik bus jur jkt - Merak dari terminal kp. Rambutan ( ada bis 24 jam ) wooow ternyata yang ikut sekitar 70 orang ( ada sekitar 15 orang wisman ).

6 April 2013
jam 03:00 : kapal mulai bergerak menuju Bakauheni
07:00  : kapal ferry merapat di Bakauheni
07:00 - 08:15 : Persiapan sana sini, naik angkot kuning ( 9 angkot ) menuju dermaga Canti, jalan lurus  ke arah tanjung karang, belok kanan, jalan agak sempit kelak kelok sebelum sampai di dermaga. di dermaga Canti kita makan pagi. dermaga ini kecil dan sepertinya terdekat  untuk yang mau ke krakatau. Ada sebuah warung makan sekelas warteg... lumayan lah, disampingnya ada juga mushola kecil, dua WC dan dua kamarmandi yang cukup bersih

Dermaga Canti dan kapal motor yang kami pakai

08:15 - 09:15 : Lanjut perjalanan Naik kapal motor ( dibagi 2 rombongan ) menuju P. Sebuku.
09:15-10:30 : Menikmati alam P. Sebuku dan sebagian ada yang snorkel. Pulau ini kecil mungkin sekitar 3x lapangan bola. tidak berpenghuni, tersusun atas batukarang, disekitarnya juga ada pulau pulau kecil, sering sebagai singgah istirahat nelayan sekitar. Tapi sayang gugusan karang disekitarnya mungkin hampir 70 % telah rusak. beberapa cew dari romb kami sempat snorkel sebentar .

P. Sebuku

10:30-11:00 : Perjalanan menuju P Sebesi. merupakan pulau terdekat dari gunung anak Krakatau. Pulau ini cukup besar dan ada perkampungan nelayan di sini. Tempat kami menginap tidak jauh dari perkampungan, tapi dipisahkan hutan kelapa dan bakau. Penginapan kami sangat sederhana berupa bangunan sekitar 5x4 m ada kamar mandi, tidak ada meja kursi, hanya ada satu tempat tidur besar, terbagi menjadi tiga ruangan. Satu bangunan itu  dipakai 6-7 orang. Air tidak lancar hanya pagi ngalir itupun sebentar...... busyeeet dah... namanya juga kelas backpacker.... wakakakaka...

                                             Makan siang di P. Sebesi

15:00-17:00 . Snorkel di sekitar p. Sebesi diantar kapal motor.

7 April 2013
03:00 - 05:00 : Perjalanan menuju Gunung Anak Krakatau, dingiiiiin.. masih gelap. kapal dengan kec sedang ( berapa knot ga tau deh....) lancar menuju tujuan diperlukan waktu sekitar 2 jam.

05:00 - 08:00 mulai mendaki gunung anak krakatau. Di kaki gunung dipenuhi tanaman cemara pinus dan semak semak. kira kira 150 m pertama agak landai trek pasir lepas dan batu batu piroklasik. sekitar 200 m terakhir track mulai nanjak agak curam..dan sudah jarang vegetasi.  beberapa cew mulai kelelahan. Treck masih berupa pasir lepas dan batu batu volkanik ( bomb volkanik ukuran bolder ). mendekati puncak batuan volkanik berwarna merah dan sebagian tempat masih mengepulkan asap. Kami tidak sampai ke puncak hanya lereng ada bukit memnnjang dekat puncak. disini sudah tidak ada vegetasi.

                                           Lereng anak Krakatau

                                              Gunung Anak Krakatau
                                                Puncak anak krakatau dengan asap mengepul di lerengnya

08:00-09:00 ;  santai di kaki gunung anak krakatau sambil makan pagi
09:00-10:00 : ke pulau sekitar, snorkel sejenak
10:00-12:00: Snorkel, santai di kapal motor
12:00-04:00: Kembali ke Dermaga Canti untuk kemudian ke Bakauheni dilanjut pulang jakarta
02:00 ------- sampai di rumah.... capeee deh




Tidak ada komentar:

Posting Komentar