Senin, 17 Februari 2014


GUNUNG MELETUS DI INDONESIA SELAMA 10 TAHUN TERAKIR (2000-2014)

1. GUNUNG  PAPANDAYAN
 Terletak di adalah gunung api yang memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut itu di Kabupaten GarutJawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Garut meletus 11 November 2002 , dengan letusan freatik menyemburkan abu dan awan panas ke udara setinggi 5 km dari puncaknya. Tak hanya meletus, Papandayan juga memuntahkan lahar dingin ke Sungai Cibeureum Gede. Belasan rumah penduduk di bantaran Sungai Cibeureum tertimbun longsor. Warga panik. Mereka berlarian ke tempat aman.

url.jpg












search.jpg


Gn Papandayan saat meletus th 2002



2. GUNUNG KELUD
Terletak di perbatasan daerah Kediri - Blitar jawa timur, meletus  mei 2007 secara effusiv dengan terbentuk kubah lava di tengan danau kawah. 



imgres.jpg





3. GUNUNG MERAPI (JOGJA)
Terletak di daerah Jogjakarta (DIY), meletus pada 25-26 Oktober 2010 dengan letusan dahsyatnya dengan menyemburkan awan panas ( glowing avalance) yang dikenal dengan wedhus gembel dan lahar panas, lava pijar.  Semburan abu vulkanik Lamanya awan panas, menunjukkan energi yang cukup besar. Pada pukul 18.00 WIB terdengar letusan sebanyak tiga kali yang terdengar dari pos Jrakah dan pos Selo yang disusul dengan asap membumbung setinggi 1,5 kilometer mengarah ke selatan ke arah yogyakarta dan prambanan.



imgres.jpg






merapi_3.jpg


4. GUNUNG BROMO
Meletus pada 26 November 2010 dengan type low explosive menyemburkan abu volkanik tebal membubung tinggi ke udara,  Asap tebal bercampur abu kehitaman mencapai ketinggian 600 meter.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono mengatakan, letusan ini bersifat minor dan tidak disertai dentuman. "Material letusan berupa abu yang jatuh di sekitar kawah," kata Surono.



url.jpg

Letusan gn Bromo




5. GUNUNG LOKON
Gunung ini berbentuk Stratovolkanik, Terletak di daerah Tomohon sulawesi utara meletus pada bulan 15-20  September 2012  dengan melontarkan lava pijar setinggi 600 m ke udara disertai debu vulkanik. Tipe letusan eksplosif dan  tinggi kolom abu letusan 1500 meter diikuti lontaran material pijar dengan tinggi 350 m," tulis Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. sebelum terjadi letusan telah terjadi peningkatan kegempaan vulkanik dalam (VA) dan gempa vulkanik dangkal (VB) yang diperkirakan mencapai seratusan kali.


gunung-lokon-meletus-2011.jpg




url.jpg







6. GUNUNG SINABUNG
Terletak di daerah Karo sumatra Utara, setelah tidur selama 400 th, pada th 2010 - 2013 gunung ini kembali aktiv dan meletus dengan menyemburkan abu volknin ke udara setinggi 2000 - 3000 m, dan melontarkan 150 juta meter kubik material volkanik. 


url.jpg





imgres.jpg




imgres.jpg










7. GUNUNG KELUD
Terletak di perbatasan daerah Kediri - Blitar jawa timur, meletus kembali pada 13 Februari 2014 dengan menyemburkan abu volkanik setinggi 7 km dari puncak ke udara. Sebaran abu volkanik tertiup angin dengan arah angin berat sampai daerah jogja, purwokerto, surabaya, bahkan sedikit sampai bogor



url.jpg















Tidak ada komentar:

Posting Komentar