Kamis, 06 Mei 2010

GUNUNG BROMO



Gunung Bromo merupakan gunung aktif yang terletak di kab Probolinggo di jawa timur termasuk dalam area konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak pada keinggian 2100 m dpl. Gunung Bromo mempunai kawah dengan panjang 800 m (utara-selatan) da 600 m ( barat-timur). Di daerah konservasi inilah satu-satunya yang memiliki area unik berupa kawasan lautan pasir seluar 5250 hektar. Untuk menuju puncak kawah tidaklah sulit karena sudah ada tangga dari area lautan pasir sampai ke kawah. Di daerah ini sekitar kaki tangga terdapat tempat peribadatan suku tengger berupa bangunan semacam padepokan untuk perayaan Kesodo yang biasanya jatuh pada bulan November-desember. Pemandangan utuh gunung Bromo dan gunung Batok di sebelahnya dengan latar belakang Gn Semeru dapat dilihat dari puncak pananjakan. Di puncak ini dapat dicapai dengan mobil/sepeda motor dengan kondisi alan asal, para wisatawan asing/domestik biasanya banyak mampir di puncak ini karena pemandangannya begitu eksotik terutama saat matahari terbit. Dari puncak ini kemudian dilanjutkan turun ke lauta pasir dan dillanjutkan naik tangga ke puncak awah. Sebaiknya sampai puncak tidak melebihi jam 10-11 siang karena dikhawatirkan ada gas beracun H2S dari kepulanasap kawah.

Cara Pencapaian:

Daru surabaya ---- Pasuruan (terminal)---- Warung Dowo ---- Tosari ---- Wonokitri ----- Puncak Pananjakan ----- Lautan Pasir ----- Puncak Kawah Gn Bromo.
Rute ini ditempuh dengan mobil sampai puncak pananjakan, tetapi sebelum masuk wonokitri ada sekawanan pemuda yang biasanya maminta menginap di sekitar rumah penduduk dan di kanai tarip l sekitar 75 rb permalam ( basa preman lokal ). Untuk sampai di puncak Pananjaan meniknati sun rise, saya menginap di rumah penduduk Wonokitri dan oleh penduduk setempat di antar dengan sepeda motor jam 03:30 dan sampai di puncak jan 04:30 ... wow dinginya sampai tulang bro. Untuk rombogan bisa menyewa Jip Hardtop yang banyak disewakak penduduk setempat engan biaya 300000 sampai puncak gn bromo.







3 komentar:

  1. Bromo Tanjung Pondok Tani
    Memperkenalkan " Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, menginap di pondok tani tanjung-tosari, cukup membayar dng sukarela “tanpa tarif” (khusus untuk rombongan)
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 99 (Baledono-Tosari)
    @.kamar los + 2 km mandi luar, dapur, teras serba guna, kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukkan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.150.000,- /malam
    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

    BalasHapus
  2. Siiip... makasih infonya ntar aku infoin ke teman yang pingin ke sana ....

    BalasHapus
  3. Sedang mencari paket wisata bromo. kami menyediakan paket wisata bromo gratis dokumentasi drone

    BalasHapus