Rabu, 23 Januari 2019

PENDAKIAN ANNAPURNA BASE CAMP (ABC) HIMALAYA, NEPAL

MENUJU ANNAPURNA BASE CAMP (ABC) HIMALAYA  4132 mdpl

Bagi pehobi panjat gunung, panjat Himalaya merupakan impian setiap saat yang selalu ingin diwujudkan.... begitu juga saya, syukurlah waktu yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga. Awal Oktober 2017 aku bisa berangkat bersama kawan kawan backpacker internasional Surabaya untuk mencoba track Annapurna Base Camp.
Tanggal 1 Okt 2017 pagi kami berlima berangkat dari jakarta ke Nepal transit di Kuala Lumpur.
malam hari waktu setempat  jam 19:00 kami mendarat di airport Khatmandu. Lengsung menuju pembuatan Visa On Arrival  isi formulir, bayar  US$ 25 (untuk 15 hari stay) tempel foto 4x6 beres, mudah banget kok.
Setelah urus bagasi, langsung dengan taxi setempat menuju penginepan, waah ternyata taxinya model mobil buatan 90 an bro, dan kondisi ibukota Nepal ini seperti jakarta th 80 an kali ya..... kotor  dan berdebu, model rumah pertokoannya ya sederhana. ( saya sarankan bagi yang ke nepal untuk sedia masker )
Penginapan kami di kawasan Tamel, pusat berkumpulnya turis turis yang mau panjat himalaya, disini banyak macam penginepan, toko souvenir juga toko peralatan panjat gunung  tentu saja banyak macam hiburan bagi touris.

salah satu sisi kawasan Tamel Khatmandu

2 Okt '17 Kami eksplitasi Khatmandu, saya bersama pegawai hotel keliling Khatmandu dengan motor buatan india Royal Enfield 250 cc th 90 an. oh ya di masyarakat Khatmandu banyak memakai kendaraan tahun lama modelnya klasik baik mobil maupun motor yang dipakai.

Royal Enfield yang kupakai jelajahi Khatmandu (saat di daerah Tokha)

Saya diantar pegawai hotel yang kebetulan punya motor tsb keliling Katmandu, ke tempat wisata seperti Monkey Temple, Swayambhunat, Museum Durbar square juga ke daerah pegunungan (Tokha). di Katmandu ini susah untuk cari SPBU pada tutup, ada satu tapi antrinya puanjaaang banget.... sampai 40 menit antri beli BBM.

3 Okt '17  pagi jam 08:30 waktu setempat kami ditemani satu Sherpa dan dua Porter, mulai berangkat ke Pokhara Kota terdekat menuju ABC. Selama perjalanan menuju Pokhara jalan berliku dan pemandangan begitu indahnya, disini banyak dijumpai jembatan gantung untuk menuju daerah di sebrang sungai.

Team kami dua dari jakarta, seorang dari Surabaya, seorang dari Bali (cew)                                            seorang lagi dari Australia (pemuda Ind yang sudah 7 th kerja di
                                          Ausee)

Dari Khatmandu ke Pokhara diperlukan waktu 7 jam ( bis sering berhenti istirahat, makan )

Dalbath makanan asli Khatmandu lalapan, kuah kari, ayam,
                                      daging, nasi, kuah sayur.

Sekitar jam 16:00 kami sampai di Pokhara, Menginap di semacam guest house, mereka penduduk Pokhara banyak yang  menyewakan guest house di sebelah rumah/sekitar mereka, Kota ini punya danau yang indah dan banyak touris santai sekedar menikmati saat sunset atau sunrise di danau ini sebelum dan atau  sesudah panjat ABC.

Danau Pokhara

4 Okt '17  07:00 pagi kami berangkat dari Pokhara menuju Nayapool dengan minibus L-300 sekitar 2 jam perjalanan. Dari Nayapool kita ganti Jeep menuju Singwe sebelumnya ada cek permit letter di Birethanti. Dari Singwe ini kami mulai jalan kaki menuju ABC dengan tiga titik pos bermalam.

Nayapool

Peta jalur pendakian menuju Annapurna Base Camp (ABC)

Dari singwe kami mulai jalan kaki menuju pos pertama Landruk, disini kami makan siang, lanjut sampai pos berikutnya jhinudanda.  .perlu diketahui bahwa di tiap pos ada semacam warung makan yang menyediakan makanan dan minuman lengkap  tentunya makanan khas nepal, juga kamar kamar penginapan dengan tarip semalam 150-250 NRP sekitar  Rp.19500 - 32500  (1 NRP= Rp 130) ga mahal sih.

Jhinudanda

Lanjut ke pos Chhamrong  banyak pedagang cindera mata. Lanjut Sinuwa kemudian pos Bamboo. sejak dari Landruk ke Chamrong ini banyak tanjakan cukup tajam, cukup menguras tenaga.  Kami menginap di pos Bamboo ( dinamai demikian karena di lokasi sekitar ini banyak tumbuh pohon bambu. Udara malam terasa mulai dingiin.

5 Okt '17  Lanjut pendakian dari Bamboo menuju pos berikutnya  Dovan (2590 mdpl) , lanjut Himalaya (2900 mdpl) kemudian  Daurali (3200 mdpl) di sini tempat kita menginap berikutnya. Jalur ini tanjakan tidak terlalu tajam  kecuali dari Dovan ke Himalaya cukup tajam , tapi tetap perlu jaga kondisi tubuh jangan di paksa bila capai, berhentilah untuk sekedar istirahat minum harus itu..! soal air jangan kuatir sepanjang jalan banyak mata air bersih bisa langsung diminum segaar ... untuk mandi air hangat, makin ke atas makin mahal untuk sekali mandi dikenakan tarif 50-75 NRP juga bila kita cas HP, tidak gratis bro... hahaha...

Pemandangan di sekitar Check point Chhamrong

Jembatan gantung setelah lewat pos Chhamrong

Pos Himalaya

Pos Daurali

6 Okt '17 Setelah menginap semalam di Daurali, kami lanjutkan pendakian menuju pos berikutnya yaitu Marchapurche Base Camp (MBC)  (3700 mdpl), dan terakhir Annapurna Base Camp (ABC) (4130 mdpl) trek ini landai tidak terlalu tajam, tapi cukup menguras tenaga terutana dari MBC ke ABC karena pada ketinggian ini oksigen sudah tipis, terasa bener bener melelahkan hampir tiap 20 - 30 langkah kami berhenti untuk tarik napas...... tapi capek selama tiga hari ini terbalas sudah ketika sampai di ABC..... pemandangannya begitu menakjubkan.

Pemandangan padang rumput antara MBC dan ABC,

padang rumput di sekitar MBC  banyak  digembalakan domba

Sampai sudah puncak ABC Annapurna Base Camp 4130 mdpl

Puncak Annapurna

Kami menginap semalam di Annapurna Base Camp,

7 Okt '17 kami turun dan menginap di pos Bamboo dan Landruuk,menginap semalam di Pokhara dan sehari di Katmandu.
tanggal 11 okt '17 Kami bertiga kembali ke Jakarta, teman kami yang dari Bali dan Australi melanjutkan perjalanan ke India.