Kamis, 24 Januari 2019

PENDAKIAN GUNUNG TAMBORA

PENDAKIAN GUNUNG TAMBORA   (2850 mdpl)

Pendakian gn. Tambora saya lakukan pada tahun 2012, solo bacpacker
14 Nov '12 Terbang dari jakarta airport Soeta ke Mataran (NTT) . Sampai di Airport Praya Mataram tepat pukul 11:30. Dilanjut naik bus dari Mataram menuju pertigaan Banggo
15 Nov 2012 jam 02:30 sampai di pertigaan Banggo, pertigaan ini terletak 4-5 km sebelum Dompu
Duduk di warung kopi sambil tunggu subuh, kebetulan dekat pertigaan ada masjid.
Setelah sholat subuh, sambil ngopi ngobrol dengan penduduk setempat dan pemilik warung.

07:30 naik bus tanggung dari Banggo menuju Cilebay (25 rb), jam 11:30 sampailah saya di Cilebay.
diantar ojek ke rumah pak kepala desa untuk minta ijin  naik Tambora.  nginap semalam di penginepan depan rumah pak kades (200 rb semalam ), pak Kades memang menyediakan 3 kamar untik menginap para pendaki. Kamar cukup bersih, ada tempat tidur kamar mandi.  sambil persiapkan  keberangkatan besok. Kebetulan tidak lama datang dua orang tourist Polandia yang mau naik Tambora juga. bisa sama sama jadi ada teman.

16 Nov 2012 jam 07:00   berangkat tracking gunung Tambora bersama dua orang Polandia dan seorang porter dan guide. menuju desa Pancasila desa terakhir sebelum masuk hutan gn. Tambora.
kami bawa akomodasi Beras 3 liter, Supermie 20 ea, gula kopi secukupnya.  di desa pancasila kami isi buku tamu di sekretarian komunitas pendaki gunung setempat,

sampai di Pos # 1 jam 08:00

Lanjut perjalanan menuju pos 2 istirahat sebentar langsung lanjut menuju pos #3

Pos #3 hutan lebat gn Tambora

Dari pos ## lanjut track ke pos #4 istirahat sebentar, lnjut ke pos #5  sampai pos #5 jalan tack berupa tanah kadang tumpukan batu batu tertata. di Pos #5 kami istirahat makan siang supermie rebus + sosis. Medan tracking kali ini tidak berat, jalan relatif datar makin naik, jalur ini sebenarnya cocok bagi pemula.

pos #5 jam 12:30  istirahat dan makan siang

Menjelang pos #5 ini banyak tanaman jelatang, dimana daun tanaman ini jita tersentuh kulit, dapat menimbulkan rasa gatal, setelah digaruk, kulit akan memerah  seperti terkena ulat bulu tapi lebih panas jika terkena daun jelatang.

Tanaman Jelatang yang daunnya disa menimbulkan rasa gatal panas.
Teman teman keponakan pak luran mendirikan tenda disini pos #5 , setelah isi air  untuk perbekalan karena pos #5 ini pos terakhir dijumpai mata air.,  lanjut kami naik terus sampai pos #7 dengan pertimbangan hari masih menjelang sore belum gelap.
jam 3:00 kami lanjut ke Pos #7 treknya juga ga berat,  biasa saja relatif landai. jam 17: sampailah kami di pos #7

Pos #7, kami mendirikan tenda istirahat

jam 01:30 kami mulai trecking dari pos #7 ke kreater gn Tambora. Gunung ini mempunyai kawah yang besar dan luas diperkirakan panjang kreater sampai 5 km. dalamnya 1 km.

Puncak kawah Tambora

jam 02:30 sampailah kami di pinggir kawah gn Tambora,malam itu di puncak dingin banget dan anginnya besar saya berlingung di balik batu untuk menghindari hembusan angin yang kencang. setelah terang tanah, kami menuju pinggir kawah... wow pemandangan kawah yang menakjubkan.....

Jam 06:30 : kami turun  kembali ke rumah kepala desa, ngnap semalam, sesuknya saya kembali naik bus ke Lombok.