Rabu, 19 Desember 2018



INDAHNYA GUNUNG PAPANDAYAN

GARUT, KOMPAS.com - Gunung Papandayan merupakan gunung api aktif jenis stratovolcano yang berketinggian 2.856 meter di atas permukaan laut adalah salah satu pilihan gunung yang menawarkan sensasi petualangan bersama rekan-rekan perjalanan. Dengan medan pendakian yang dianggap landai dan cenderung mudah, pendaki gunung kerap menjadikan pilihan untuk pendaki gunung. Dengan medan pendakian yang cenderung landai ini sangat cocok buat pendaki pemula untuk mengenal medan dan suasana gunung.  Gunung Papandayan sendiri terletak Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Perjalanan menuju Gunung Papandayan dari Kota Jakarta menempuh waktu sekitar 4-6 jam. Melalui Terminal Bus Primajasa di Cililitan, Jakarta Timur. atau Terminal Kampung Rambutan, Bus menuju Terminal Guntur Garut berangkat pada pukul 06.00 WIB. Bus Primajasa tujuan Terminal Guntur Garut terakhir berangkat pada pukul 22.00 WIB. Di Terminal Bus Primajasa Cililitan / Kp. Rambutan, bus berangkat pertama kali pada pukul 03.30 WIB dan berangkat setiap 45 menit. Harga tiket bus Primajasa dari Cililitan/Kp. Rambutan ke Terminal Garut, yakni Rp 52.000.

Dari Terminal Guntur Garut, pendaki bisa menggunakan angkutan kota berjenis minibus tujuan Pasar Cisurupan. Jika tak menyewa, harga yang dibutuhkan adalah Rp 13.000 sampai pertigaan Pasar Cisurupan tetapi jika menyewa angkutan tersebut pada malam hari, harga yang ditawarkan adalah Rp 20.000. Perjalanan dari Terminal Guntur Garut ke pertigaan Pasar Cisurupan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Kemudian, dari pertigaan Pasar Cisurupan, moda transportasi yang bisa digunakan adalah ojek motor dan juga mobil pikap.

Untuk ojek motor, moda transportasi ini tersedia hingga pukul 17.00 WIB dan bertarif sekitar Rp 20.000 - Rp 25.000. Sementara, mobil pikap harus berisi 16 orang dan bertarif per orang yakni Rp 20.000. Perjalanan dari pertigaan Pasar Cisurupan sampai titik awal pendakian ditempuh sekitar 30 menit. Titik awal pendakian di cam David, banyak warung dan parkiran mobil motor yang cukup luas.

Logistik pendakian Makanan adalah hal yang perlu disiapkan ketika mendaki gunung. Jika ingin mendaki Gunung Papandayan, pendaki bisa membeli bahan makanan di Pasar Cisurupan maupun toko serba ada di dekat pasar. Usahakan untuk tetap membeli lauk pauk bergizi untuk modal energi pendakian walaupun di pos-pos pendakian terdapat warung yang menawarkan makanan. Di warung-warung tersebut, hanya menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie instan, kopi, teh, dan juga gorengan. Pakai sepatu Sandal gunung bisa menjadi alternatif alas kaki ketika mendaki gunung. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki agar kenyamanan dan keselamatan lebih terjaga.




 Di awal pendakian Gunung Papandayan, medan yang ditemui adalah aneka ukuran bongkahan batu yang licin dan tajam. Selain itu, beberapa jalur berkontur tanah gembur. Penggunaan sepatu akan melindungi kaki dari ancaman tergores dan juga membantu mencengkeram tanah.









Gunung Papandayan adalah gunung stratovolcano yang masih aktif memproduksi gas belerang di kawah. Saat melintasi awal medan pendakian yakni Camp David menuju Puncak Kawah, banyak dijumpai gelembung gelembung  gas belerang dibalik bebatuan volkanik yang bisa terhirup. Gunakanlah masker dari kain atau buff.




                                         



                                                endapan belerang / sulfur (warna kuning )


Salah satu daya tarik Gunung Papandayan adalah berfoto di Hutan Mati. Pohon-pohon yang mati karena terkena letusan Gunung Papandayan. Di sana, kabut kerap turun dan menghalangi pandangan mata. Hindari berjalan di tengah kabut saat berada di Hutan Mati karena akan rawan tersasar akibat kabut yang menghalangi dan medan yang homogen. Hutan mati ini diperkirakan merupakan jalan awan panas (Glowing avalance) turun dari kawah saat terjadi erupsi th 2002. Mata Air Ketika mendaki Gunung Papandayan, tak perlu khawatir kekurangan air bersih maupun air minum. Jika kekurangan air, pendaki bisa mengisi ulang di pos-pos pendakian seperti Pos Pundak Kawah, Pos Persimpangan Pondok Salada



                           Salah satu sisi kawah gn Papandayang dengan danau kawahnya









                                        sekitar hutan mati
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar